Restoran Korea

Restoran dan Makanan Khas Korea di Indonesia

Korea merupakan salah satu negara yang sukses memperkenalkan masakan khas negaranya ke seluruh belahan dunia. Cara yang cerdik tersebut dilakukan melalui film korea atau korea drama yang bebas dipertontonkan ke seluruh dunia, melalui broadcast tv kabel berbayar, youtube dan media gratisan lain yang bebas di forum-forum.

Korea dengan cerdik dan telaten memperkenalkan budaya dan masakan tradisional negara melalui film dan korea drama, menyisipkan sedikit demi sedikit adegan tentang makanan. Bahkan, ada drama khusus tentang kuliner dan sejarah Korea.

Namun, makanan tradisional khas Korea di Indonesia bukan diawali dari eksisnya film dan drama di TV Indonesia. Ada faktor lain yang lebih penting daripada hal tersebut.

Ciri Khas Masakan Tradisional Korea

Masakan tradisional Korea sebagian besar menggunakan bahan dari beras, mie, tahu, sayuran, dan daging. Dalam makanan khas Korea selalu ada makanan sampingan yaitu banchan yang cukup banyak dan dimakan dengan nasi putih dan sup/kaldu.

Dalam setiap hidangan, setidaknya ada satu jenis kimchi (sayuran) yang disajikan sebagai banchan sepanjang tahun. Makanan Korea identik dengan bumbu berupa minyak wijen, doenjang, kecap, garam, bawang putih, jahe dan saus cabai (gochujang).

Makanan Korea berbeda setiap musimnya.

Musim juga sangat mempengaruhi jenis makanan masyarakat Korea. Selama musim dingin, biasanya masyarakat Korea akan memilih untuk mengkonsumsi makanan tradisional berupa kimchi dan berbagai sayuran yang telah diasinkan dalam gentong besar dan disimpan di bawah tanah di luar rumah. Dan satu hal yang paling unik adalah dalam hal persiapan pembuatan masakan Korea yang sangat membutuhkan kerja sama.

Sejarah Restoran dan Makanan Tradisional Korea di Indonesia

Di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan terbentuk sebuah Koreatown (perkampungan warga Korea) pada awal tahun 1982. Restoran paling pertama yang diketahui berasal dari tempat ini, ketika seorang warga Korea Kim Woo jae membuka restoran Korea yang menjual makanan berupa kimchi dan doenjang.

Beberapa tahun kemudian, didirikan restoran Seoul Palace di Semarang. Restoran ini menyuguhkan makanan berupa Bulgogi. Seoul Palace memberikan nuansa 100% Korea, dengan aneka hiasan dan pernak-pernik khas Korea, seperti meja dan kursi berjajar rapi. Pada bagian dinding restoran, terdapat sejumlah gambar para penari wanita Korea dan beberapa hiasan gentong-gentong berisi bumbu fermentasi yang terlihat mirip dengan yang ada di drama-drama Korea.

Saat ini, restoran Korea semakin merambah ke berbagai kota di Indonesia, bahkan tidak hanya pada komunitas Korea saja, melainkan sudah masuk ke mall-mall.

Restoran Korea di Indonesia dengan Menu Andalannya

1. SamWon House – Tteokbokki Cheese Sausage

Ketika Anda masuk ke SamWon House, Anda akan merasakan suasana khas Korea dengan dinding yang dihiasi dengan baju-baju tradisional negara Korea. Selain itu, Anda akan menyaksikan berbagai ornamen seperti lampion dan tiang-tiang berwarna merah yang memperkuat kesan Korea.

SamWon House merupakan restoran Korea yang terletak di Setiabudi One yang sangat terkenal dengan menu andalannya Tteokbokki Cheese Sausage, sejenis rice cake yang disajikan dengan sosis dan disiram saus spesial.

2. Han Gang – Sundubu Kimchi

Salah satu tempat populer untuk menikmati makanan tradisional khas Korea yang ada di mal Grand Indonesia adalah Han Gang. Restoran ini menyediakan aneka olahan daging lezat dan berkualitas dengan tekstur dagingnya empuk sehingga terasa sangat nikmat.

Menu Andalan dari restoran ini adalah Sundubu Kimchi yang terdiri dari semangkuk silky soft tofu, kimchi, sliced beef, telur, dan kerang. Anda bisa memesan dengan nasi hangat, agar rasa menjadi lebih nikmat.

3. Wonjo – Samgyetang

Wonjo merupakan restoran Korea yang di Bandung selanjutnya tepatnya di sebelah Universitas Pasundan. Saat berkunjung ke restoran ini, Anda akan disambut dengan ruangan serba coklat yang di setiap mejanya terdapat exhaust fan atau alat penyedot asap. Restoran ini menjadikan menu samgyetang (sup ayam ginseng) yang jarang ada di restoran Korea di Bandung lainnya.

4. Seoul City – Chicken Wings Bab

Seoul City, merupakan restoran Korea terletak di sekitar daerah Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya (UNTAG). Eksterior dan interiornya memiliki desain dinding yang berwarna-warni sehingga banyak yang tertarik nongkrong di sini. Makanan yang disediakan menu andalan adalah chicken wings bab. Tapi, kalau Anda tertarik untuk nongkrong, jangan lupa memesan salah satu minuman berupa corn tea, barley tea, es teh, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa informasi restoran dan makanan khas Korea yang ada di Indonesia.

Artikel ini dipersembahkan oleh Glori Melamine. Untuk artikel lain mengenai Makanan Jepang, Korea, Chinese Food, Western Food, dan Negara Jiran bisa baca di Blog lain kami.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis makanan atau restoran, bisa menggunakan produk melamine dari Glori. Kunjungi Glori Store untuk melakukan pembelian secara Online.

SHARE
Scroll to Top
Free Konsultasi
WA - Konsultasi Gratis
Halo,
Jangan sungkan Hubungi kami
konsultasikan kebutuhanmu dengan kami.
Powered by

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/glorimel/public_html/glori-melamine.com/wp-includes/functions.php on line 4552