Ayam Percik

Resep Ayam Percik Santan Kental Khas Malaysia

Secara umum, ayam percik adalah kuliner berbahan dasar dari daging ayam yang diolah dengan berbagai jenis rempah. Ayam percik merupakan makanan khas negeri Jiran yaitu Malaysia yang bernama unik. Kuliner ayam percik diolah dengan cara merendam ayam ke dalam bumbu, kemudian dipanggang hingga sedikit hangus. Ketika  dipanggang, ayam diberi bumbu tambahan dengan cara dipercik. Maka dari itu,  makanan ini pada akhirnya diberi nama ayam percik. Ketika ayam sudah selesai dipanggang, ayam kembali dibalur dengan saus dan beberapa bumbu matang sehingga aroma dan cita rasanya tetap terjaga dari luar dan dalam ayam.

Saat ini, ayam percik khas Malaysia sudah sangat populer di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan, sudah hadir beberapa konsep makanan yang lebih kreatif, tanpa membuang ciri khas dari sajian ayam percik sendiri. Beberapa restoran dan warung makan bergaya Malaysia mulai menyediakan menu utama ayam percik memiliki keunikan sendiri. Dengan keunikan sajian tersebut, maka dapat menarik minat konsumen sekaligus menjadikan pembeda dari restoran kompetitor yang menyajikan menu ayam percik juga.

Salah satu sajian kreatif dari ayam percik adalah ayam percik santan kental. Sajian ini bukan berarti daging ayam akan disajikan di dalam kuah bersantan, melainkan santan kental digunakan sebagai bumbu olahan yang memberikan cita rasa berbeda pada ayam percik pada umumnya.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

Bahan dan bumbu yang digunakan untuk membuat sajian ayam percik santan kental cukup mudah didapatkan. Anda bisa membeli di warung, pasar, atau supermarket. Namun, untuk kualitas dan rasa yang lebih khas, Anda bisa membuat santan sendiri dengan memarut kelapa secara tradisional dan memerah santanya.

Berikut ini bahan-bahan dan bumbu yang Anda butuhkan untuk membuat sajian ayam percik santan kental khas Malaysia.

  • Setengah ekor ayam yang telah dipotong menjadi 6 bagian
  • 1 batang serai
  • 150 ml santan kental
  • 1 bungkus kaldu instant
  • minyak goreng secukupnya
  • Bumbu-bumbu lain seperti 5 cabe merah keriting, 10 buah cabe rawit, 5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sendok teh ketumbar, dua potong jahe sepanjang 2 cm, satu potong kunyit sepanjang 0,5 cm, 3 butir kemiri, dan garam secukupnya.

Cara Membuat

Untuk menghasilkan sajian ayam percik santan kental, Anda hanya membutuhkan waktu lebih kurang 60 menit. Berikut ini cara yang harus Anda lakukan dalam membuatnya.

  • Cuci bersih potongan daging ayam kemudian tiriskan.
  • Memarkan 1 batang serai, agar aroma serai keluar saat proses memasak.
  • Haluskan bumbu-bumbu berupa 5 cabe merah keriting, 10 buah cabe rawit, 5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sendok teh ketumbar, dua potong jahe sepanjang 2 cm, satu potong kunyit sepanjang 0,5 cm, 3 butir kemiri, dan garam secukupnya. Pastikan benar-benar tercampur dengan rata.
  • Panaskan minyak goreng secukupnya, dan pastikan untuk menjaga besar api di kompor.
  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi beserta dengan serai yang telah dimemarkan hingga warna berubah dan aroma tampak harum.
  • Masukkan potongan daging ayam, santan kental dan kaldu instant. Aduk hingga benar-benar rata. Masak hingga ayam matang dan bumbu agak mengering.
  • Sambil menunggu ayam matang, siapkan alat pemanggang kemudian menyalakan arang hingga menjadi bara api.
  • Setelah ayam matang, dan bumbu mulai berkurang, pisahkan ayam dari bumbunya kemudian bakar daging ayam diatas bara api sambil dibolak-balik. Pastikan saat membakar ayam tidak hangus.
  • Ketika daging ayam sudah tampak kering, Angkat dan tata di atas piring saji kemudian siram dengan bumbu sisa yang digunakan untuk menumis tadi.
  • Sajian ayam percik santan kental siap dinikmati.

Tips Menyajikan Ayam Percik Santan Kental

Dalam menyajikan kuliner, tentu dibutuhkan trik dan tips agar tampak lebih mengundang selera. Anda bisa berkreasi dengan menyajikan ayam percik santan kental secara berbeda. Berikut ini tips untuk menyajikan hidangan yang telah Anda buat.

  • Pastikan piring yang digunakan untuk menghidangkan ayam percik santan kental memiliki ukuran yang cukup. Untuk mendapatkan tampilan yang lebih menarik, Anda bisa menggunakan piring melamin glori atau piring melamin food grade dengan ukuran yang tepat.
  • Susun potongan ikan dengan posisi 4 potong di bawah dan 2 potong di atas.
  • Siramkan bumbu secara perlahan dan pastikan menutupi seluruh permukaan daging ayam yang menghadap ke atas.
  • Untuk beberapa hiasan, Anda bisa menggunakan seiris tomat, setengah potong jeruk nipis, atau sehelai daun bawang.

Menikmati ayam percik santan kental khas Malaysia akan sangat cocok menggunakan nasi putih. Maka dari itu, Anda bisa menyiapkan nasi putih dalam piring secara terpisah.

Artikel ini dipersembahkan oleh Glori Melamine. Untuk artikel lain mengenai Makanan dari negara Jiran bisa baca di Blog Jiran lain kami.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis makanan Asian Food atau makanan Oriental Asia, bisa menggunakan produk melamine dari Glori. Kunjungi Glori Store untuk melakukan pembelian secara Online.

SHARE
Scroll to Top
Free Konsultasi
WA - Konsultasi Gratis
Halo,
Jangan sungkan Hubungi kami
konsultasikan kebutuhanmu dengan kami.
Powered by

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/glorimel/public_html/glori-melamine.com/wp-includes/functions.php on line 4552